fungsi=p
2. Stoikiometri Kimia Analisis

Fungsi-p atau Nilai-p

Pada saat kita melakukan perhitungan yang melibatkan konsentrasi dengan tingkatan yang berlipat lipat sebagai contoh 0,02 M; 0,04 M; 0,06 M; 0,08 M; dan 0,1 M maka perhitungan akan jauh lebih mudah jika kita menyatakan konsentrasi tersebut dengan menggunakan fungsi-p (p-functionn atau p-value).

Fungsi-p adalah ekspresi dari konsentrasi spesies kimiawi yang dinyatakan dalam logaritma negatif berbasis 10 dari konsentrasi molar spesies kimiawi. Sebagai contoh untuk spesies kimiawi ‘X’ maka fungsi-p nya dinyatakan sebagai berikut,

pX = -log[X]

dengan

pX adalah fungsi-p dari X
[X] adalah konsentrasi molar X

p dari fungsi-p merupakan singkatan dari ‘kologaritma dari’

Sebagai contoh untuk konsentrasi 0,02 M maka fungsi-p nya adalah 1,7 , sedangkan untuk konsentrasi 0,04 M; 0,06 M, dan 0,08 M maka fungsi-p nya masing-masing adalah 1,3 ; 1,2 dan 1,1 . Dari sini dapat dilihat daripada kita menyatakan konsentrasi dengan menggunakan bilangan desimal maka bilangan itu bisa kita ubah menjadi bilangan positif yang lebih sederhana dengan menggunakan fungsi-p.

Aplikasi dari fungsi-p ini adalah saat membuat grafik titrasi antara 0,1 M HCl dengan 0,1 M NaOH, dua grafik dimana yang paling kiri adalah fungsi antara konsentrasi H+ melawan volume NaOH sedangkan grafik yang sebelah kanan adalah grafik fungsi-p konsentrasi H+ melawan volume NaOH. Grafik dengan fungsi-p lebih jelas terlihat perubahan yang bisa diamati jika kita bandingan dengan grafik yang lainnya.

Referensi:

  1. http://dpuadweb.depauw.edu/harvey_web/eTextProject/pdfFiles/Chapter2.pdf

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.