car amenghitung konsentrasi kesetimbangan
2. Stoikiometri Kimia Analisis

Konsentrasi Molar

Berikut adalah cara-cara umum bagaimana kita bisa menghitung konsentrasi larutan

Konsentrasi Molar (c)
Konsentrasi molar suatu spesies X yang terdapat di dalam larutan didefinisikan sebagai jumlah mol spesies X yang terdapat didalam 1 liter larutan (ingat bukan satu liter pelarut). Konsentrasii molar memiliki satuan ‘molar’ dan dilambangkan dengan ‘M’ yang memiliki dimensi mol per liter dan dirumuskan dengan,

cx = nx/ V = mol / L larutan = mmol / mL larutan

dengan cx adalah konsentrasi molar, nx adalah jumlah mole zat terlarut X dan V adalah volume larutan.

Contoh bagaimana cara membuat 1 M larutan Na2SO4 (142 g/mol) ?

Jadi yang perlu kita lakukan adalah menimbang 142 g Na2SO4 dan selanjutkan kita larutkan dengan air hingga larutannya memiliki volume 1 liter.

Terdapat dua cara bagaimana kita dapat mendiskripsikan konsentrasi molar

Konsentrasi Molar Analitik
Merujuk pada jumlah mole zat terlarut tanpa memperhatikan keadaan kimiawi zat tersebut didalam satu liter larutan. Konsentrasi molar analitik merujuk pada bagaimana konsentrasi suatau larutan X itu dibuat dengan cara menimbang X dan selanjutnya melarutkannya.

Contoh untuk membuat larutan NaCl dengan konsentrasi molar analitik sebesar 1 M maka kita akan melarutkan 1 mol NaCl hingga menjadi 1 liter larutan atau kita melarutkan 58.5 gram NaCl dengan air hingga diperoleh larutan dengan volume 1 liter.

Konsentrasi Molar Kesetimbangan/ Konsentrasi Kesetimbangan
Konsentrasi ini merujuk pada konsentrasi molar spesies yang terdapat di dalam larutan pada saat kesetimbangan. Misal kita memiliki larutan NaCl dengan konsentrasi 1 molar maka setelah terjadi kesetimbangan maka konsentrasi kesetimbangan NaCl adalah 0 M sebab pada saat dilarutkan dalam air maka NaCl akan terdisosiasi sempurna menjadi ion Na+ dan Cl- yang masing-masing konsentrasinya 1 M.

Konsentrasi kesetimbangan biasanya dilambangkan dengan kurung [] yang didalamnya ditulis formula kimia spesies yang dimaksud.

[NaCl] = 0 M
[Na+] = 1 M
[Cl-] = 1 M

Contoh Soal:
Hitung konsentrasi molar dan konsentrasi kesetimbangan 10 mL larutan yang mengandung 285 mg asam trikloroasetat Cl3CCOOH (163.4 g/mol) (asam trikloroasetat 73% terionisasi di dalam pelarut air)

Referensi:

http://busan2.thecube.kr/bbs/table/board/upload/3428_Analchem_Ch4.pdf

http://web.iyte.edu.tr/~serifeyalcin/lectures/chem201/cn_4.pdf

http://web.iyte.edu.tr/~serifeyalcin/lectures/chem201/cn_4.pdf

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.