cara menghitung prosentase berat dan bagian per sejuta
2. Stoikiometri Kimia Analisis

Konsentrasi Dalam Prosesntase – PPM – PPB

Konsentrasi dalam Prosentase
Satuan konsentrasi yang juga sering dipergunakan oleh kimiawan adalah prosentase atau bagian per seratus. Penggunaan prosentase dalam satuan konsentrasi sedikit lebih ambigu disebabkan unit ini bisa kita tulis dalam berbagai cara yaitu,

Sebenarnya prosentase berat lebih tepatnya di sebut sebagai prosentase massa yang dilambangkan dengan m/m akan tetapi prosentase berat banyak di gunakan dalam literatur kimia sejak lama sehingga kita akan tetap menyebutnya secara demikian.

Hal yang perlu diingat dari persamaan diatas adalah pembilangnya merujuk pada larutan dibandingkan dengan zat pelarutnya. Sebagai contoh untuk persamaan (1) jika larutan glukosa dinyatakan dalam 25% w/w maka artinya didalam 100 gram larutan glukosa tersebut terdapat 25 gram glukosa dan 75 gram air. Hal yang sama juga berlaku untuk persamaan yang lainnya.

Prosentase berat umumnya di pakai untuk menyatakan konsentrasi larutan komersial contohnya larutan asam sulfat pekat biasanya di jual dengan konsentrasi 98% w/w yang artinya didalam larutan terdapat 98 gram asam sulfat tiap 100 gram larutan.

Sedangkan prosentase volume biasa dipakai untuk menyatakan konsentrasi larutan yang dibuat dengan cara mengencerkan liquid murni dengan pelarut. Contoh larutan etanol 10% v/v artinya larutan tersebut dibuat dengan mengencerkan 10 mL etanol murni kemudian diencerkan dengan air hingga volumenya 100 mL.

Untuk prosentase berat per volume umumnya dipakai untuk mendiskripsikan larutan encer yang dibuat dengan menggunakan zat terlarut padatan. Contoh larutan K2Cr2O4 2% dibuat dengan cara melarutkan 2 gram K2Cr2O4 dengan air hingga diperoleh volume larutan 100 mL.

Penting banget untuk menulis akhiran satuan konsentrasi yang dinyatakan dalam prosentase seperti %w/w, %v/v, atau %w/v supaya tidak terjadi kesalahan presepsi.

ppm (part per million) dan ppb (part per billion)
Terdapat cara lain lagi untuk menyatakan konsentrasi terutama dipakai untuk larutan yang sangat encer atau konsentrasinya sangat kecil yaitu bagian per sejuta (ppm) atau bagian per milyar (ppb), untuk ppm dapat dicari dengan menggunakan rumus sebagai berikut,

dimana cppm adalah konsentrasi dalam bagian per sejuta, dan yang berlu diperhatikan adalah satuan untuk massa baik di penyebut dan pembilang harus memiliki satuan yang sama. Kita juga bisa memakai satuan lain yaitu bagian per milyar untuk menyatakan larutan yang sangat-sangat encer yaitu,

Aturan paling gampang yang bisa kita pakai dalam menghitung bagian per sejuta adalah untuk larutan encer dengan densitas kira-kira 1 g/mL maka konsentrasi ppm dapat dinyatakan dengan rumus, 1 ppm = 1 mg/L dan 1 ppb = 1 mikrogram/L

Referensi:

http://busan2.thecube.kr/bbs/table/board/upload/3428_Analchem_Ch4.pdf

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.