satuan si defisini massa dan berat
2. Stoikiometri Kimia Analisis

Satuan SI & Definisi Massa-Berat

Kimia analisis memang identik dengan pengukuran, ahli kimia analitik menyampaikan hasil analisisnya dalam bentuk angka dan satuannya. Maka penting kembali kita mengingat mengenai unit pengukuran dimana ilmuwan telah memiliki sistem pengukuran satndar yang disebut sebagai ‘Satuan Sistem Internasional’ yang disingkat SI.

SI merupakan sistem satuan standar pengukuran yang didasarkan pada tujuh besaran pokok yaitu massa, waktu, panjang, suhu, jumlah zat, arus listrik, dan intensitas cahaya. Sedangkan besaran lain diturunkan dari besaran pokok tersebut.

Guna mengekspresikan angka yang sanat kecil atau sangat besar sehingga penulisannya jauh lebih simpel kita bisa menggunakan prefiks seperti yang tercantum di bawah ini.

Sebagai contoh, panjang gelombang cahaya tampak adalah sekitar 4.10-7 m sampai 7.10-7 m yang bisa kita katakan sebagai 400-700 nm (nanometer). Jika sebuah handphone bisa menyimpan data hingga 16.109 bytes maka kita bisa menulisnya menjadi 16 Gb (gigabytes).

Perbedaan Massa & Berat
Massa adalah ukuran banyaknya materi yang terdapat di suatu obyek sedangkan berat adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda akibat adanya gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut. Disebabkan gaya gravitasi disetiap lokasi yang ada di permukaan bumi besarnya berbeda-beda maka berat benda pun bervariasi. Hubungan antara berat dengan massa dinyatakan dengan rumus,

w = mg

dengan w adlaah berat benda, m adalah massa, dan g adalah besarnya gya gravitasi.

Kimia analisis umumnya didasarkan pada pengukuran massa sebab dengan menggunakan massa maka hasil perhitungan tidak bersifat lokal. Namun sayangnya penggunaan kata massa dan berat di masyarakat sering di salah artikan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.