grade reagen kimia
1. Pengantar Kimia Analisis Kuantitatif

Tingkatan Kelas Reagen Yang Biasa di Pakai Di Laboratorium Analitik

Kemurnian reagen yang dipakai untuk alisis kuantitatif memegang peranan penting untuk menyumbang keakuratan hasil yang akan di peroleh. Oleh sebab itu mengetahui tingkatan kelas reagen yang ada di laboratorium analitik sangat penting bagi kimiawan analisis. Berikut 7 kelas reagen umum yang di sadur dari laman LabManager.com

  1. Grade ACS
    Reagen dalam kategori ini memenuhi standar atau melampaui standar yang di keluarkan oleh American Chemical Society (ACS). Kelas reagen yang masuk dalam kategori ini bisa di pakai untuk keperluan analisis makanan, obat-obatan, keperluan medis atau aplikasi prosedur umum yang memerlukan spesifikasi ketat dan kemurnian lebih besar atau sama dengan 95%.
  2. Grade Reagen
    Reagen dalam kelas ini umumnya tingkatannya sama dengan grade ACS (>= 95%) dan dapat dipakai untuk analisis makanan, obat-obatan, penggunaan medis serta cocok untuk aplikasi di laboratorium atau keperluan analisis.
  3. Grade USP
    Reagen yang termasuk golongan ini memenuhi atau melampaui standar yang dikeluarkan oleh United States Pharmacopeia (USP). Reagen dalam grade ini bisa dipakai untuk analisis makanan, obat-obatan, dan medis. Penggunaan lain bisa dipakai untuk keperluan analisis di laboratorium, namun penggunaan grade USP harus ditinjau kembali apakah memenuhi metedologi yang akan di pakai untuk analisis.
  4. Grade NF
    Reagen di golongan ini memenuhi standar dari National Formulary. USP dan NF berkolaborasi menerbitkan buku pedoman untuk standar bahan kimia, bahan farmasi, bahan biologi, dosis, pencampuran, preparasi, eksipien peralatan medis, dan suplemen makanan.
  5. Grade Laboratorium
    Jenis reagen ini adalah yang paling umum digunakan untuk tujuan pendidikan naun demikian dalam label kemasannya kita bisa melihat tingakatn impuritasnya. Banyak dipakai untuk tujuan pembelajaran, training, namun sayangnya tidak cukup murni untuk analisis makanan, obat-obatan, dan medis.
  6. Grade Purified/Praktis
    Reagen yang berada di dalam golongan ini tidak memenuhi untuk tujuan yang resmi. Tidak cukup murni untuk dipakai dalam analisis makanan, obat-obatan, medis atau keperluan lainnya.
  7. Grade Teknis
    Reagen ini hanya dipakai untuk keperluan komersial atau industri namun tidak cukup murni untuk analisis makanan, obat-obatan, medis, dan keperluan alainnya.

Selain penggolongan diatas maka reagen kimia yang dipakai untuk proses analisis kimia dapat digolongan berdasarkan tingkat kermurniannya serta tujuan penggunaannya. Berikut klasifikasi reagen kimia berdasarkan hal tersebut,

Grade Teknis – cocok untuk keperluan pembilasan peralatan alat laboratorium atau pelarutan pengotor alat laboratorium dsb

Garde Sintesis – dipakai untuk kimia organik guna sintesis senyawa atau tujuan penyiapan bahan dasar untuk sintesis kimia.

Grade Laboratorium – dipakai umumnya untuk penggunaan solvent atau pelarut.

Grade A R – hanya dipakai untuk pekerjaan yang membutuhkan presisi yang tinggi. Impuritas dalam reagen ini berada pada tingkat sangat rendah guna meningkatkan presisi hasil analisis. Reagen dalam golongan ini cocok untuk keperluan analisis, penelitian, serta kualiti kontrol.

Extra Pure Grade – dipakai untuk akreditasi laboratorium dan pekerjaan yang berhubungan dengan farmakope.

Referensi:

  1. https://www.labmanager.com/business-management/the-seven-most-common-grades-for-chemicals-and-reagents-2655
  2. https://lab-training.com/2014/09/12/classification-laboratory-reagents/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.